Latest News Detail

Ngariung Bareng Komu


Setiap tahunnya, Saung Angklung Udjo menggelar acara bernama Angklung Pride, yang khusus diadakan sebagai bentuk perayaan dikukuhkannya Angklung sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh UNESCO.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Angklung Pride tahun 2015 terasa begitu spesial, karena perayaan tidak hanya dilakukan di dalam negeri, tetapi juga di negara tempat markas UNESCO berada, Paris. Ukraina, Den Haag, Turki, adalah tiga negara yang akan dikunjungi setelah Paris dan Poitiers. Pun Taiwan merupakan negara di Asia yang menjadi tujuan perayaan Angklung Pride.

Di Saung Angklung Udjo sendiri, kami mengadakan gelaran di dua hari yang berbeda. Seperti Minggu, 15 November 2015, kami mengundang empat komunitas, yaitu Komunitas Aleut, Bandung Sketchwalk, Bandung Youth Forum, dan Kofaba, untuk ngariung (berkumpul, red.) di Saung Angklung Udjo, dan mengikuti dua kegiatan, Workshop Pembuatan Angklung dan menonton Pertunjukan Bambu Pagi.

Di acara tersebut, kami dan komunitas saling bertukar pengalaman, pemahaman, dan kerjasama kedepannya, untuk terus bisa melestarikan budaya Indonesia, yang disini kami khususkan kepada Angklung. Komunitas-komunitas diatas tentunya siap untuk membantu kami melestarikan budaya, karena ini tidak hanya tanggung jawab ‘saya’, tetapi sudah menjadi tanggung jawab ‘kita’.

Semoga acara seperti ini bisa sering diadakan untuk mempererat silaturahmi dan menjadi bentuk dukungan bagi pelestarian budaya Indonesia.


HP