Latest News Detail

SAU Ukraina

Pertunjukan ketiga sudah kami tampilkan di Kyiv, Ukraina, 23 November 2015, pukul 19.30 waktu setempat. Acara yang digagas oleh Embassy of The Republic of Indonesia To Ukraine tersebut, diberi tajuk Angklung; The Harmony in Diversity of Bamboo Music & Dance.

Acara ini pun merupakan rangkaian peringatan HUT ke 70th kemerdekaan Bangsa Indonesia, yang juga bertepatan dengan peringatan 5th Angklung sebagai ICH UNESCO, setelah sebelumnya pula kami tampil di Odeon Theatre Paris, 17 November 2015, dan di University of Poitiers Perancis, 20 November 2015.

Acara spesial malam itu digelar di Concert Hall the Tchaikovsky National Music Academy Of Ukraine, Arkhitektora Gorodetskogo Str, Kyiv.

Penampilan ini terasa sangat berarti bagi kami karena kami akan mempertunjukan kesenian Indonesia dihadapan para Duta Besar dari berbagai negara sahabat, para penikmat musik, serta kalangan masyarakat umum di Kyiv.

Sehari sebelumnya kami sempat khawatir karena menyaksikan situasi demonstrasi warga Ukraina dalam peringatan 2 tahun revolusi Ukraina, yang mana pusat acara revolusi tersebut kurang lebih 50meter dari depan pintu tempat konser berlangsung. Puji syukur kekhawatiran kami semua dapat terlewati, krn pihak KBRI dan Keamanan dr Ukraina sedah mengantisipasi hal ini dengan baik, sehingga kami dengan tenang dan nyaman dapat melanjutkan pertunjukan ini.

 


 

 

Acara malam itu diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Ukraina, kemudian dilanjutkan oleh welcoming speech dari Ibu Duta Besar RI untuk Ukraina, Ibu Niniek Kun Naryatie.

Materi acara yang ditampilkan malam tadi merupakan kemasan khusus yang kami konsep walaupun dalam waktu terbatas. Diantaranya penampilan yang kami tampilkan adalah :

Angklung Buhun dan Helaran
Arumba
Interaktif Angklung bersama 400 penonton (karena antusiasme warga sana sangat tinggi, penonton yang hadir mencapai 500 orang, sehingga 100 diantaranya tidak mendapatkan Angklung)
Juga ada kolaborasi antara Saung Angklung Udjo dengan staff KBRI Kyiv dan musisi asal Ukraina yang akan memainkan alat musik khas dari Ukraina.

Orkestra Angklung yang membawakan lagu dari 7 provinsi mewakili Indonesia dan dikolaborasikan dengan Tari Jaipongan, menjadi penutup dari rangkaian pertunjukan kami.

Diakhir acara, Ibu Duta Besar RI untuk Ukraina, Ibu Niniek Kun Naryatie, memberikan hand bouquet kepada Director Concert Hall dan Kang Sam Udjo sebagai tanda terima kasih.

 

 

 

*

Tidak mudah bagi kami untuk melakukan perjalanan Eropa kali ini, karena selalu dihadapkan dengan "rintangan" yang menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Karena kami rasa rintangan ini yang terus membuat kami kuat dalam kondisi apapun, dan SIAP untuk dihadapkan dengan berbagai bentuk pertunjukan.

Kami mohon terus kirimkan dukungan doa, agar misi budaya ini bisa kami tuntaskan hingga di Turki nanti. Tidak lupa, kami ucapkan terimakasih atas segala dukungan dari berbagai pihak atas terselenggaranya acara ini.

Kami bangga jadi bagian INDONESIA!

Kami bangga ANGKLUNG MENDUNIA!

 

***

Acara ini digagas oleh KBRI KYIV bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Saung Angklung Udjo.

Koresponden oleh:
Ahadian Hadikusumah
E: ahadian.hadikusumah@gmail.com